:: 62 8000 xxx info@sman1ngraho.sch.id
Info Sekolah
Minggu, 23 Jun 2024
  • Jadwal Pelaksanaan PSTS Kelas X, XI & PAT Kelas XII (9 sd 16 Februari 2024)
  • Jadwal Pelaksanaan PSTS Kelas X, XI & PAT Kelas XII (9 sd 16 Februari 2024)
27 Februari 2024

Memperkenalkan Kebudayaan Jawa Lewat Pagelaran Seni

Sel, 27 Februari 2024 Dibaca 81x Berita

SMANSAHO – Pagelaran seni Kembali diselenggarakan di SMAN 1 Ngraho  pada 19 Februari 2024. Diadakannya pagelaran ini untuk memenuhi tugas akhir ujian praktik peserta didik kelas XII mata pelajaran seni budaya dan bahasa jawa. 

Pagelaran seni merupakan acara tahunan di SMAN 1 Ngraho. Untuk tahun ini, SMAN 1 Ngraho membawakan tema cerita rakyat yang ada di pulau jawa. Alasan tema tersebut dipilih karena pagelaran seni kali ini merupakan hasil kolaaborasi antara guru mata pelajaran seni budaya dan bahasa jawa. Oleh karena itu, tema yang diambil adalah csrita rakyat klasik seperti Pedhut Praja Yawastina, Gugure Minak Jingga, Teluh Randha Girah, Kalinyamat, Dumadine Salatiga, Roro Mendut, dan Sri Tanjung.

Dziyaus Shobah selaku kepala sekolah SMAN 1 Ngraho dalam sambutannya mengatakan sangat bangga dengan diadakannya acara pagelaran seni. Menurutnya, Selain dapat menumbuhkan kerja sama, diharapkan perserta didik juga dapat bertanggung jawab dengan perannya masing-masing. Kemudian ia menambahkan bahwa adanya pagelaran ini patut menjadi contoh yang positif untuk peserta didik kelas X dan XI.

“Adanya pagelaran seni diharapakan mampu melatih peserta didik untuk belajar berproses, menghargai berbagai hal sekecil apapun, melatih peserta didik menyelesaikan masalah secara bijak, memahami tata krama, pernatan dalam bahasa, dan kebudayaan Jawa.” Terang Aprilia guru bahasa jawa tersebut. Dina selaku pemeran utama dalam pagelaran seni merasa sangat senang dapat belajar hal-hal baru. Baginya menjadi pemeran utama menjadi tantang tersendiri karena pertama kali tampil di panggung. “Drama kemarin juga merupakan bagian dari mencintai dan menjaga budaya lokal supaya tidak kalah dengan budaya baru atau hal modern. Sebagaimana pelajaran saya di kelas 12, mencintai kearifan lokal. Jadi karena praktek drama kemarin saya bisa mengamalkan salah satu apa yang dipelajari.  Dan menjadi pelajaran berharga sebelum terjun ke masyarakat.” Terang siswi kelas XII sosial 2.(SU)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar